Hallo balik lagi bersama saya Dani Nur Adhento dari kelas 2IA07, Kali ini saya akan membahas tentang sebuah startup yang terkenal di indonesia yaitu TOKOPEDIA lanjut saja kita ke materi pembahasanya. Tokopedia merupakan perusahaan pegadangan elektronik atau sering disebut toko daring. Sejak didirikan pada tahun 2009, Tokopedia telah bertransformasi menjadi sebuah unicorn yang berpengaruh tidak hanya di Indonesia tetapi juga di Asia Tenggara. Hingga saat ini, Tokopedia termasuk marketplace yang paling banyak dikunjungi oleh masyarakat Indonesia. Tokopedia turut mendukung para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dan perorangan untuk mengembangkan usaha mereka dengan memasarkan produk secara daring dengan Pemerintah dan pihak-pihak lainnya. Salah satu program kolaborasi yang diinisasi oleh Tokopedia adalah acara tahunan MAKERFEST yang diadakan sejak bulan Maret 2018. Sejak tahun 2018, Tokopedia juga menghadirkan Tokopedia Center.
Startup Indonesia ini merupakan salah satu situs
belanja online (e-commerce) terlaris di Indonesia sejak resmi
diluncurkan pada 17 Agustus 2009 lalu. Perusahaan yang didirikan oleh William
Tanuwijaya dan Leontinus Alpha Edison ini menjadi perusahaan startup Indonesia
dan Asia Tenggara pertama yang mendapatkan pendanaan sebesar US$100 juta atau
sekitar Rp1,2 triliun dari Sequoia Capital dan SoftBank Internet and Media Inc.
(SIMI).
Baru-baru ini pada Agustus
2017, startup Indonesia ini menerima investasi dari perusahaan asal
Tiongkok, Alibaba, sebesar US$1,1 milyar. Berkat kiprahnya, Tokopedia terpilih
sebagai Marketeers of the Year pada Markplus Conference 2015 yang
digelar Markplus Inc. serta Best Company in Consumer Industry dari Indonesia
Digital Economy Award pada Mei 2016 lalu.
Selanjutnya kita akan
membahas tentang peluang usaha untuk meningkatkan peluang usaha agar lebih maju
sebagai berikut ini :
1.
Memberikan
Harga Produk yang Berkualitas dengan Harga yang Lebih murah dari Kompetitor
Dalam menjalankan bisnis memang
sebagian besar tujuannya adalah untuk mendapatkan keuntungan penjualan. Tidak
heran banyak pebisnis yang akan selalu berusaha untuk memperoleh keuntungan
dengan menetapkan harga yang sangat mahal untuk produk atau jasa yang mereka
miliki. Meskipun produk atau jasa tersebut benar-benar berkualitas, namun
konsumen pun akan berpikir berulang kali sebelum memutuskan menggunakan produk
atau jasa tersebut. Hal inilah yang mengkhawatirkan.
Menerapkan harga yang tinggi
pada barang atau jasa yang Anda tawarkan secara tidak langsung membuang
kesempatan Anda untuk mendapatkan konsumen baru. Namun, ketika Anda menerapkan
harga yang lebih murah pada produk dan jasa yang berkualitas, tentu para
pelanggan akan lebih memilih usaha milik Anda tanpa berpikir panjang.
2.
Menyiasati
Pergerakan Kompetitor Bisnis Anda
Langkah selanjutnya guna
membuat bisnis Anda tetap eksis adalah untuk selalu memperhatikan dan
menyiasati pergerakan kompetitor bisnis. Persaingan sudah menjadi musuh nyata
di dalam perjalanan bisnis dan juga perusahaan Anda. Bahkan persaingan itu
tidak melulu berasal dari satu atau dua kompetitor saja, bisa dari banyak
perusahaan karena ide bisnis yang ditawarkan memiliki kemiripan.
Solusi untuk permasalahan ini
adalah dengan selalu memperhatikan perkembangan serta strategi apa yang pesaing
Anda terapkan. Melalui cara ini, maka Anda akan semakin mudah untuk mengatasi
larinya semua konsumen ke perusahaan mereka. Tapi ingat, maksud dalam
memperhatikan atau menyiasati pesaing ini dilakukan secara sehat.
3.
Inovasi
Produk Anda agar Masyarakat semakin Tertarik untuk Menjadi Konsumen Anda
Dalam urusan tren, masyarakat
akan secara tidak langsung menuntut para pelaku bisnis untuk menghadirkan
produk yang memiliki inovasi terbaru dan berbeda dari produk yang sudah ada.
Dalam hal ini, Anda bisa memperbarui ide dalam produk atau jasa yang Anda
tawarkan, sehingga masyarakat akan semakin tertarik untuk mencoba produk
tersebut dan menjadi konsumen Anda.
Menciptakan produk atau jasa
yang baru memang bukan hal yang mudah dan tidak murah. Tapi Anda bisa
menyiasatinya dengan mengumpulkan ide-ide segar didukung dengan pihak yang
berpengalaman matang dalam bidang yang Anda kerjakan. Ide dan pengalaman yang
matang akan menjadi modal utama untuk berinovasi dan menciptakan produk baru.
4.
Ikuti
Perkembangan Pasar
Anda tidak bisa mengalahkan
trend tanpa mengikuti trend itu sendiri. Pada umumnya, para konsumen akan
selalu tertarik dan memiliki perhatian lebih kepada perkembangan tren baru.
Oleh karena itu, secara tidak langsung kita juga bisa mengetahui minat para
konsumen saat ini. Salah satu contoh kegagalan mengikuti tren pasar yang besar
dapat kita lihat dari produk telepon genggam milik Nokia. Ketika platform iOS
dan Android berkembang pesat, Nokia memutuskan untuk tetap bertahan dengan
platform miliknya Symbian. Kekalahan telak tentu saja harus dihadapi oleh Nokia
mengingat kualitas iOS dan juga Android cukup jauh dengan Symbian. Sehingga
akhirnya Nokia mengubah platformnya dari Symbian menjadi Windows mobile yang
memiliki kualitas setara dengan kompetitornya saat itu. Namun, langkahnya
dinilai terlambat, sehingga mereka tetap kehilangan pasar yang sudah dikuasai
selama puluhan tahun sebelumnya.
Berikutnya kita akan membahas tenatng apa
sih teknologi yang di pake tokopedia? Mari kita bahas tentang teknologi di tokopedia.
CEO Tokopedia William Tanuwijaya mengaku
telah menerapkan teknologi Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan pada aplikasi
Tokopedia. Fitur di aplikasi Tokopedia yang menggunakan teknologi AI itu, kata
William, yakni layanan pelanggan (customer care) dan
pencarian gambar (image Search).
Head of Research Scientist Tokopedia Irvan
Bastian Arief menjelaskan pihaknya juga mengembangkan fitur Image Search yang
memudahkan para pengguna untuk mencari produk yang mereka inginkan pada
aplikasi Tokopedia, cukup dengan mengambil gambar produk melalui image
search.
Tokopedia-UI AI Center of Excellence
didukung teknologi super-komputer deep learning NVIDIA DGX-1, yang dilengkapi
dengan GPU NVIDIA Tesla V100.
GPU NVIDIA Tesla V100 dirancang dengan struktur Tensor Core untuk mempercepat
kinerja AI. 'Komputer super dalam kotak' ini menggunakan NVIDIA GPU Cloud Deep
Learning Stack yang mampu melakukan pelatihan data empat kali lipat lebih cepat
dibanding sistem berbasis GPU lainnya.
Sumber:
https://id.wikipedia.org/wiki/Tokopedia
Tidak ada komentar:
Posting Komentar