Jumat, 15 Oktober 2021

Elemen dan Prinsip Desain Grafis

Hallo balik lagi dengan saya  Dani Nur Adheanto dari kelas 3IA07, kali ini saya akan mambahas tentang Eleman dan Prinsip dari desain grafis. langsung saja ke materinya.

Elemen dan Prinsip Dasar Desain Grafis 

   Elemen desain merupakan pembangun yang menyusun dari sebuah desain. Elemen-elem desain secara kasarnya terdiri dari titik, garis, bentuk, tekstur, dan warna. Sama halnya dengan prinsip desain, keseimbangan, kesatuan, irama, proporsi,  dan dominasi.

    A. Elemen elemen desain grafis antara lain:

1. Garis merupakan bentuk yang menghubungkan dua atau lebih titik, Garis bisa lurus, melengkung, tebal, tipis, padat, dan terpotong-potong. Penggambaran dari sebuah garis mengekspresikan emosi, perpindahan, pengorganisasian, dan lebih.

2. Bidang merupakan penggabungan antara beberapa bidang dapat membuat suatu gambar tersendiri, yang kemudian bisa di kenali oleh mata.

3. Tekstur merupakan sebuah vualisasi dari permukaan yang dapat di nilai dengan cara di lihat maupun di raba.

4. Warna berfungsi menarik perhatian dan menyampaikan emosi dan suasana hati, contohnya warna merah menggambarkan keberanian, kekuatan, atau kemarahan dan biru menggambarkan perdamaian atau keamanan.

   B. Prinsip prinsip desain grafis antara lain:

1. Keseimbangan desain grafis yang bagius dapat mencapai keseimbangan  denagan menggunkan salah satu atau semua tiga dasar kesimbangan berikut ini :

a. Symmettrical balance, kedua sisi tata lettak halaman memiliki bobot, bentuk, garis, dan elemen lainnya  yang sama.

b. Asymmetrical balance, terjadi ketika dua sisi tidak sama, tetapi mereka memiliki elemen yang serupa 

 c. Radial symmetry, menempatkan elemen dalam pola lingkaran.

2. Kesatuan/ Unity adalah ukuran seberapa baik setiap elemen dari sebuah desain bekerja sama delam menciptakan keselarasan atau keserasian.

3. Proporsi / Proportion merupakan perbandingan antara bentuk elemen besar dengan elemen kecil. proporsi menyangkut hubungan antara satu bagian dengan bagian yang lain atau bagian dengan keseluruhan, atau antara satu objek dan objek lainnya.

4. Irama merupakan pengulangan garak yang teratur dan terus menerus, contohnya ialah gerak pada ombak, barisan semut, gerakan dedauan, dan lain lainnya. 

5. Dominasi / Domination merupakan salah satu prinsip dasar tatrupa yang harus ada dalam sebuah karya seni dan desain. Dominasi berasal dari kata Dominance yang berartti keunggulan, sifat unggul dan istimewa ini menjadikan suatu unsur sebagai penarik dan pusat perhatian.

 

 

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Teori Komputasi dan Implementasi Teori Komputasi di Bidang Ekonomi

1. Sejarah Teori Komputasi         Teori komputasi bisa dijadikan penciptaan sebuah model dari seluruh bidang ilmu komputer. Maka, matematik...